buah DELIMA dalam perspektif ilmiah dan Islamiah

putih putih melati alibaba, merah merah DELIMA pinokio

Aku  akan mencoba membantumu menelusuri apa saja keistimewaan yang ada di dalam buah delima, InsyaAllah banyak manfaat yang akan diperoleh, dan semoga keistimewaan Delima ini bukan sesuatu atau sesosok yang tidak jujur seperti Pinokio 😀 amin… hhe

“Dan Dialah yang telah menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan. Maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak. Dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, kebun-kebun anggur, dan Kami keluarkan pula zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan perhatikan pulalah kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang beriman.” (Al-An’am : 99)

 

Sebelum mengenal lebih jauh, kita harus mengetahui Curriculum Vitae-nya dulu

Klasifikasi Ilmiah Delima

 

Kingdom Plantae
Divisi Magnoliophyta
Class Magnoliopsida
Subclass Rosidae
Order Myrtales
Family Lythraceae
Genus Punica
Spesies Punica granatum

Wew,, kok malah pelajaran biologi ? Tenang…tenang, sebentar lagi kita akan memasuki cerita-cerita yang lebih menarik 😀

“Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon kurma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama rasanya. Makanlah dari buahnya (yang bernacam-macam itu) bila ia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan dikeluarkan zakatnya). Dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.” (Al-An’am : 141)

Kita mulai dari asal-usulnya dulu, siapa sih keluarga yang membesarkannya sampai sekarang dan dari mana asal dia lahir ?

Buah delima adalah buah dari pohon bersemak yang berganti daun, atau pohon kecil yang tumbuh setinggi 5-8 meter. Delima merupakan tanaman asli dari wilayah Afghanistan, Pakistan,Iran, hingga Himalaya di utara India (wah-wah, keturunan Arab ternyata, hee) Delima dibudidayakan di seluruh wilayah Mediteran (kawasan Laut Tengah) dan wilayah Kaukasus sejak masa lampau. Secara luas, buah ini dibudidayakan di Armenia, Azerbaijan, Iran, India, bagian kering di Asia Selatan, Semenanjung Malaysia, India Timur, dan Afrika tropis (di Indonesia juga ada lho) Diperkenalkan ke Amerika Latin dan California oleh pendatang Spanyol pada tahun 1769, delima sekarang dibudidayakan di bagian kering California dan Arizona hingga buah delima dijadikan sebagai komoditas komersial sebagai jus delima sejak tahun 2001. Dalam dunia industry makanan, delima termasuk kategori tanaman eksotik baru yang disebut superfruit atau buah super.

“Di dalam keduanya ada bermacam-macam buah-buahan, kurma, dan delima.” (Ar-Rahman : 68)

Delima memiliki anatomi berupa daun yang bersebrangan, berkilau, berbentuk lonjong, berukuran 3-7 cm panjangnya dan 2 cm lebarnya (cukup sempit ya… hhi). Bunganya berwarna merah dengan diameter 3 cm, dengan empat atau lima petal (daun bunga). Buah delima berdiameter 5-12 cm dengan bentuk bulat heksagonal dan berkulit tebal kemerahan, berisi sekitar 600 biji. Biji dikelilingi daging berwarna putih sampai merah dan dapat dimakan. Delima ada berwarna putih dan ungu. Delima tahan terhadap kekeringan dan tumbuh di area kering, baik ketika musim dingin maupun musim panas. Di daerah yang basah, pohon mudah terkena busuk akar karena penyakit jamur.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Tidak ada delima yang tidak mempunyai buah dari delima surga di dalamnya” (HR Abu Nu’aim)

Woi, ayo kita gali lebih dalam tentang buah delima, kira-kira gizi apa yang terkandung di dalamnya ?? :O

Setelah membelah sebuah delima sengan pisau atau dengan tangan, biji delima terpisah dengan kulit dan struktur penyokong berwarna putih di bagian dalam. Pemisahan biji ini akan lebih mudah apabila dicelup ke dalam air hangat. Biji delima yang diselimuti daging buah biasanya dimakan ketika masak. Rasanya berbeda gtergantung varietasnya dan tingkat kematangannya. Bisa terasa sangat manis maupun agak masam. Di balik rasa manis dan manis asam serta menyegarkan inilah terdapat kandungan gizi delima.

Nilai zat gizi buah delima per 100 gr, antara lain :

Energi 70 kkal 290 kJ
Karbohidrat 17,17 g
-Gula-Serat makanan 16,57 g
0,6 g
Lemak 0,3 g
Protein 0,95 g
Thiamin (vit B1) 0,030 mg 2%
Riboflavin (vit B2) 0,063 mg 4%
Niasin (vit B3) 0,300 mg 2%
Asam Pantotenat (vit B5) 0,596 mg 12%
Vitamin B6 0,015 mg 8%
Folat (vit B9) 6 ug 2%
Vitamin C 6,1 mg 10%
Calcium 3 mg 0%
Magnesium 3 mg 1%
Potassium 259 mg 6%
Seng 0,12 1%

Rasulullah bersabda, “Buah delima dan kulitnya memperkuat pencernaan di perut.” (HR Abu Nu’aim dan Al-Jauzi)

Delima yang mungil-mungil ini mempunyai banyak tujuan mulia untuk kelangsungan hidup manusia, terutama khasiatnya bagi kesehatan.

Ada banyak versi nih yang mengungkap keistimewaan buah delima,

Menurut Jalaluddin Abdurrahman As-Suyuthi dalam buku Pengobatan Cara Nabi :

  • Delima yang manis bersifat panas dan basah. Meminumnya bisa menghentikan batuk
  • Memakannya setelah makan makanan utama bisa mencegah perut mulas
  • Delima yang pahit atau masam bersifat dingin dan kering, baik untuk empedu.
  • Sirup delima bisa menghentikan muntah-muntah dan membentengi perut

Menurut Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dalam  buku Zadul Ma’ad dalam bab Pengobatan ala Nabi:

  • Manisnya buah delima bersifat panas dan lembab, bagus untuk perut dan menguatkannya
  • Bermanfaat juga untuk dada, tenggorokan, dan paru-paru
  • Bisa untuk mengobati batuk
  • Menambah produksi sperma dan membangkitkan gairah seksual 😀

Menurut ilmu kesehatan modern :

  • Delima merupakan 16% sumber kebutuhan vitamin C harian orang dewasa. Jus delima merupakan sumber vitamin B, potassium, dan antioksidan polyphenol
  • Polyphenol yang paling banyak dalam delima adalah hydrolysable tannin yang disebut punicalagin, yang mempunyai potensi untuk mengurangi radikal bebas.
  • Dalam penelitian labioratorium dan percobaan pada manusia, jus delima efektif mengurangi risiko penyakit jantung, kolesterol jahat, LDL, mengurangi status oksidatif makrofag dan pembentukan foam cell, yang semuanya memberi pegaruh pada atherosclerosis dan penyakit jantung. Delima juga mengurangi tekanan darah sistolik dengan menghambat enzim serum angiotensin (ACE). Dengan demikian delima bisa digunakan untuk kasus penyakit darah tinggi (hipertensi)
  • Jus delima secara efektif bisa melawan kanker prostat dan osteoarthritis

Pada tahun 2007, telah dilakukan penelitian di Amerika Serikat dan Norwegia untuk memeriksa efek jus delima yang dikonsumsi sebagai parameter untuk kanker prostat, atau prostate hyperplasia (BPH), diabetes, dan lymphoma. Hasil percobaan menunjukkan bahwa jus delima memperlambat perkembangan kanker prostat

  • Berisi polyphenol yang menghambat sintesis estrogen, minyak biji delima efektif melawan perkembangan kanker payudara
  • Jus delima juga berfungsi sebagai antivirus sebagai antibakteri yang efektif melawan karang gigi

Wow !! Subhanallah yaa..  begitu istimewanya buah delima, semua kebaikan ada padanya. Memang tidak salah jikalau buah delima ini disebut sebagai buah surga 😀  Allahu akbar !!!

Setiap kali Ibnu Abbas mendapati buah delima, dia akan memakannya. Orang-orang menanyakan kepadanya mengapa dia melakukan hal itu, dan dia menjawab, “Aku benar-benar percaya bahwa tak ada satu pun buah delima di dunia ini yang tidak mengandung satu biji dari salah satu biji dari surge. Barangkali biji ini adalah yang dari surga itu.” (Kisah sahabat)

WL

source : putih putih melati alibaba, merah merah DELIMA pinokio http://lemoninna.wordpress.com/2009/12/30/putih-putih-melati-alibaba-merah-merah-delima-pinokio-2/

Iklan

Chii’s Sweet Home Ch. 1 : Cat gets lost

hikmah :

  • selalu fokus, jangan lengah, tanggap dan selalu memperhatikan apa yang ada di sekitar kita
  • hati-hati di jalan ya, perhatikan kanan-kiri jika ada kendaraan yang lewat, waspada terhadap bahaya yang mengintai, jika ketemu hewan berkaki empat dan suka menggonggong jangan lari maupun jongkok, stay cool, tetap berdiri sambil berakting ingin melempar atau memukul, eits… ini serius lho, karena jika kita berlari kemungkinan akan dikejar, dan ketika kita jongkok, kalau dia agresif (menggigit dan rabies) kemungkinan yang akan digigit adalah leher kita, berbeda jika kita berdiri (diduga yang akan digigit kaki, na’udzubillah). Jika yang tergigit adalah leher maka virus itu akan cepat menuju ke bagian tubuh kita yang paling penting, yaitu otak, disebabkan leher lebih dekat ke otak daripada kaki, iya kan? Dan apabila itu terjadi, virus akan mem-blok kerja persarafan dan akan mengakibatkan hal yang sangat fatal. Na’udzubillah deh….
  • jangan malu bertanya, agar tida tersesat di jalan. Jika suatu ketika kita mendapat ilmu baru atau ada ilmu yang belum kita pahami, sebaiknya bertanya dan diskusikan kepada pakarnya, agar kedepannya kita selalu berjalan sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada dan bisa meminimalisir kesalahan yang mungkin dapat terjadi
  • jika terjatuh, bangkitlah kembali…. karena jatuh adalah proses kebangkitan 😀
nantikan chapter berikutnya yaaa 😀

WL

Chii’s Sweet Home

teman-teman,

ada rubrik baru ini yang bisa me-refresh-kan kepenatan teman-teman, yah meski sedikit berbeda dan out of our goal (hehe) …. hmm, tapi boleh lah sekedar untuk menghilangkan kebosanan menyimak berentet kata-kata #oops 😀

Setelah mencari referensi kesana-kemari, akhirnya mendapat artikel ini dari tetangga sebelah http://mahluktermulia.wordpress.com/2010/02/12/rasulullah-menyayangi-kucing/

mari kita simak sebentar….

Rasulullah suka binatang yang disebut kucing, kenapa beliau menyukainya padahal kucing itu merugikan kita? Apakah benar Rasulullah menyukai kucing? Sejauh ini kami belum mendapatkan keterangannya di dalam riwayat. Yang ada adalah bahwa Rasulullah bercerita mengenai wanita yang mengurung kucing sampai mati kelaparan, maka Allah memasukkan wanita itu ke dalam neraka.

Dari Ibnu Umar, bahwa rasulullah bersabda, “Seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada dilantai.” (HR. Bukhari).

Riwayat tersebut tidak menunjukkan bahwa Rasulullah menyayangi binatang kucing, tetapi akibat menyia-nyiakan binatang piaraan seperti kucing pun akan mendapatkan adzab di akhirat. Sebenarnya bukan hanya kucing, menyia-nyiakan semua binatang peliharaan seperti burung, ikan dan lain-lain juga bisa menyebabkan datangnya adzab Allah.

Demikian juga hadis lain yang menunjukkan bahwa jilatan kucing tidak najis. Dari Abu Qatadah, bahwa Rasulullah bersabda tentang kucing, “Sesungguhnya (kucing itu) tidaklah najis karena dia termasuk yang berkeliling di antara kamu. (HR. An Nasai dan Abu Daud).

Bahkan diriwayatkan, bahwa Rasulullah pernah berwudhu dari air yang telah diminum oleh kucing. Dari Aisyah berkata, “Sesungguhnya Rasulullah bersabda, ‘(Kucing) itu tidaklah najis, dia termasuk binatang yang berkeliling di antara kalian’. Dan aku (Aisyah) melihat Rasulullah berwudhu dengan air bekas jilatan kucing.” (HR. Abu Daud).

Hadits-hadits di atas juga tidak mengindikasikan Rasulullah menyayangi kucing. Rasulullah hanya menyebutkan bahwa kucing adalah binatang jinak yang banyak bergaul (berkeliling) di antara manusia.

Wallahu alam

Subhanallah, Maha Suci Allah… Rasulullah tidak hanya mencintai keluarganya, para sahabatnya, dan semua umatnya, tetapi beliau juga mecintai binatang-binatang yang jinak dan tidak najis, karena binatang itu juga diciptakan oleh Allah. Sungguh kemuliaan akhlak Rasulullah berlaku untuk alam semesta ini.

simpel,

komik lucu tentang kucing ini ndak banyak memakai kata, dominan gambar-gambar lucu si tokoh utama dan ekspresinya yang bikin sakit perut (lol) nyaaa~ :3

Komik ini judulnya Chii’s Sweet Home, menceritakan kisah si kucing bernama Chii ( dalam komik, chii berarti pee ^^” ) yang kehilangan jejak ibu-nya dalam perjalanan pulang ke rumah. Chii -pun tersesat di suatu taman, kemudian berhenti karena kelelahan dan kelaparan, dan pada akhirnya tanpa sengaja Chii bertemu dengan Youhei, anak kecil yang -entah karena sebab apa- tersandung dan jatuh di hadapannya. Merasa kasihan melihat Chii seorang diri dengan tubuh yang kotor bersimbah tanah, Yohei dan ibunya kemudian membawanya pulang ke apartement mereka. Apakah Chii bisa bertemu kembali dengan ibunya ? Apakah Youhei dan keluarga bisa memelihara Chii padahal peraturan dari pemilik apartement “pets are not allowed” ? Simak lucu dan serunya cerita Chii selengkapnya. Hmm… cekidot 😀

sources :

http://mahluktermulia.wordpress.com/2010/02/12/rasulullah-menyayangi-kucing/

WL

Muslimah itu Istimewa

Muslimah yang senantiasa dimuliakan,

Allah sungguh baik hati ya dalam menciptakan makhluk yang bernama manusia, manusia merupakan makhluk sempurna karya sang Maestro yang tidak ada bandingannya, tidak ada yang bisa menandingi kemampuanNya dalam merancang struktur bangun tubuh kita hingga otak dapat berfikir, mata bisa melihat dan mengerjap, mulut yang selalu berucap syukur, kaki dan tangan yang senantisa bersujud, dan hati yang bertawadhu’ (rendah hati) memohon ridhoNya. Manusia diciptakan berpasang-pasangan, yaitu laki-laki dan perempuan, mereka memiliki kedudukan yang sama, mereka memiliki kewajiban yang sama, yaitu beribadah kepada Allah SWT. Allah dan Islam menjadikan perempuan Islam itu sosok yang istimewa, yaitu sebagai seorang muslimah. Muslimah berarti perempuan Islam yang selalu takut kepada Allah, takut apabila tidak menjalankan perintah dariNya dan takut jika melanggar apa yang menjadi laranganNya. Istimewa disini berarti sesuatu yang spesial, sesuatu yang lebih diutamakan, sesuatu yang lain dari yang lain, sesuatu yang…. sesuatu banget deh 😀

Islam mengistimewakan muslimah dari berbagai sisi, berbagai pandangan, dan berbagai kemuliaan. Istimewanya seorang muslimah dapat dilihat dari luar maupun dari dalam kenampakan muslimah tersebut. Mari kita ulas satu per satu, kenapa ya kok muslimah itu istimewa ? 🙂

  • Identitas seorang muslimah tidak terlepas dari penampakannya, yaitu berjilbab. Yang pasti ketika melihat seorang muslimah yang sempurna dalam mengenakan jilbabya, bawaannya tuh adem, teduh, seperti berada di bawah pohon yang rindang. Disamping itu, jilbab bersifat wajib untuk dikenakan setiap kaum muslimah. Kenapa wajib ? Mari kita tengok ayat dalam Al Qur’an surat Al Ahzab : 59
Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya* ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
*jilbab sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala, muka dan dada

Allah memerintahkan muslimah di muka bumi ini untuk mengenakan jilbab sebagai tanda sayang dan bentuk penjagaan kepada muslimah. Hikmah dari muslimah berjilbab adalah dijauhkan dari pandangan-pandangan atau fitnah yang berasal dari syaitan berupa nafsu, muslimah akan merasa lebih aman di balik kain-kain yang menutupi auratnya (kecuali muka dan telapak tangan). Muslimah, dengan jilbabnya dapat mengangkat derajat di mata Allah SWT karena senantiasa meluruskan setiap niatnya sebagai hamba Allah yang menjalankan ibadah semata-mata agar mendapat pahala dan kebaikan. Jilbab juga dapat menjaga perilaku pemakainya yaitu sebagai tameng dosa karena godaan syaitan yang begitu gigihnya untuk membelokkan hati umat manusia, namun mengingat jilbab merupakan perintah suci dari Allah SWT maka akan merasa malu jika melakukan perbuatan yang tidak terpuji dan melanggar perintahNya. Selain itu, jilbab difungsikan sebagai pelindung kulit dan rambut dari sinar matahari dan debu secara langsung sehingga lebih terjaga kesehatan dan kebersihannya. Mau kan jadi muslimah yang cantik dan sehat? Nah, melalui jilbab inilah kita sebagai muslimah begitu istimewa karena Allah senantiasa menjaga dan memberikan yang terbaik karena mereka seperti mutiara yang menghiasi dunia dan perlu dijaga keindahannya.

  • Wanita muslimah adalah kodratnya menjadi seorang ibu kelak. Dan dibalik kesuksesan dan keberhasilan seseorang adalah berkat peran dan peluh seorang ibu. Rasulullah SAW pernah bersabda mengenai posisi ibu adalah lebih tinggi derajatnya daripada seorang ayah (meskipun tetap diwajibkan menghormati keduanya) yaitu diriwayatkan oleh Bahz bin Hakim,
Suatu ketika ada laki-laki yang mendatangi dan bertanya kepada Rasulullah SAW, “Siapakah orang yang harus saya taati?”  Rasulullah SAW menjawab, “Ibumu.” Dia pun bertanya kembali, “Siapa lagi ya Rasulullah?” Rasulullah SAW menjawab, “Ibumu.”  Dia bertanya lagi, “Kemudian siapa lagi ?” Rasulullah pun menjawab, “Ibumu.” Dia bertanya lagi, “Lantas siapa selanjutnya wahai Rasulullah ?” Rasulullah menjawab, “Ayahmu, kemudian kerabat terdekatmu disusul kerabatmu yang lain.”
Sudah jelas dalam riwayat di atas, Ibu disebut hingga tiga kali oleh Rasulullah SAW, itu artinya Ibu adalah seorang yang utama yang harus dihormati dibandingkan ayah dan saudara-saudara yang lain. Ibu memberikan peran yang besar dan tidaklah ringan, namun dibalik jerih payah Ibu, Allah memberikan beberapa keistimewaan; mulai dari mengandung, malaikat beristighfar kepada sang janin dan memohonkan 1000 kebajikan dan menjauhkan dari 1000 kejahatan; saat melahirkan, rasa sakit yang dialami ibu tercatat sama dengan pahala jihad di jalan Allah; selama menyusui, setiap tegukan dari ASI tersebut dihargai 1 kebajikan; dan merawat anaknya yang sedang sakit hingga seorang Ibu tidak tidur diberikan pahala oleh Allah setara dengan memerdekakan 70 hamba sahaya; doa seorang Ibu (wanita) lebih makbul daripada laki-laki karena muslimah memiliki sifat penyayang yang lebih kuat dari laki-laki, maka sifat yang penyayang itu tidak akan membuat doanya menjadi sia-sia. Subhnallah. Allahu Akbar. Betapa istimewanya seorang Ibu itu, Allah memberikan kemuliaan dan kebaikan yang begitu berharga. Oleh karena itu, wahai muslimah di penjuru dunia, muslimah calon Ibu bagi jundi dan jundiyah nan sholeh dan sholehah, hendaknya berikan penghormatan kepada Ibu kita setinggi-tingginya, sayangi Ibu seperti menyayangi Allah, karena ridho Allah itu bergantung pada ridho orangtua. Juga jangan sampai membuat seorang Ibu bersedih dan marah, karena murka Allah itu bergantung pada murka orangtua. Ya, Ibu adalah penerima bakti tertinggi dari anak-anaknya, tapi berbaktilah pula kepada ayah, karena mereka lah orangtua yang membimbing kita dalam mengenal Allah.
  • Kemudian, muslimah yang istimewa adalah muslimah yang sholehah. Rasulullah pernah bersabda yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Ahmad, dan Imam An-Nasa’i bahwasanya
Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholehah.
Muslimah yang sholehah digambarkan dari taatnya menjadi hamba Allah dengan mengikuti segala perintahNya dan menjauhi apa yang menjadi laranganNya. Wanita sholehah yang mengerjakan sholat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, senantiasa memelihara kehormatannya, serta ketaatan pada suami dimana tidak melanggar perintah Allah maka masuklah dirinya dari pintu surga mana saja yang dia kehendaki.
Nah, beruntung ya kita diberikan banyak keistimewaan oleh Allah. Oleh karena itu, mari akhwat… kita menjaga anugerah terindah yang Allah berikan kepada kita. Allah memberikan kepercayaan kepada kaum muslimah untuk menjaga dirinya sendiri maupun orang-orang disekitarnya. Jadilah wanita yang selalu bersyukur, pantang menyerah, teguh, tangguh tetapi tetap lembut, meneduhkan dan memberikan rasa nyaman agar orang yang kita sayangi dapat merasa aman jika berada di dekat kita. Jangan lupa, selalu berdoa kepada Allah agar kita tetap menjadi istimewa, tetap menjadi kebanggaan sebagai karya cipta sang Khalik, so…. jangan membuat Allah sedih dengan sikap kita karena tidak bisa menjaga keistimewaan itu. Setiap manusia memang tidak diciptakan menjadi sosok yang sempurna, namun jika kita berdoa dan berikhtiar dengan tulus dan sungguh-sungguh, InshaAllah…. Allah telah mempersiapkan kado yang indah buat kita…. just wait and see ya 😀
WL